Beberapa Jenis Virus Yang Menyerang Komputer

Jenis virus komputer - Menurut wikipedia.org Virus komputer merupakan jadwal komputer yang sanggup memalsukan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam jadwal atau dokumen lain di dalam jadwal komputer. Secara umum virus komputer sanggup mengakibatkan permasalahan yang mungkin timbul atau kerusakan pada komputer.

Virus komputer berdasarkan wikipedia juga sanggup dipersepsikan atau sanggup dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), menciptakan pengguna komputer merasa terganggu, menghapus beberapa file, dokumen, softaware maupun tidak menimbulkan imbas sama sekali sehingga tidak sanggup dideteksi.

org Virus komputer merupakan jadwal komputer yang sanggup memalsukan atau menyalin diriny Beberapa Jenis Virus Yang Menyerang Komputer
Virus komputer umumnya sanggup merusak perangkat lunak komputer dan tidak sanggup secara eksklusif merusak perangkat keras komputer tetapi sanggup menjadikan kerusakan dengan cara memuat jadwal yang memaksa over process ke perangkat tertentu. Sehingga secara terang disebutkan bahwa virus bekerjsama tidak sanggup merusak hardware atau perangkat keras suatu komputer namun sanggup mengakibatkan dampak yang sanggup menimbulkan kerusakan hardware mirip overheating atau panas pada komputer, jadwal berjalan sangat lemot atau berat sehingga sanggup mengakibatkan kerusakan hardware mirip hard disk.

Dan yang paling merugikan dan kadang sanggup menciptakan kita semakin repot dan pusing tanggapan virus ini yakni imbas negatif virus komputer yakni memperbanyak dirinya sendiri, yang menciptakan sumber daya pada komputer (seperti penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan.

Menurut beberapa penelitian ihwal virus komputer ini memperlihatkan hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows dan sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Dikategorikan dari cara kerjanya, virus komputer sanggup dikelompokkan ke dalam kategori sebagai berikut:

Worm
jenis virus ini yakni sering menduplikatkan dirinya sendiri pada hard disk dan sanggup menimbulkan dilema pada hard drive tersebut. Jika duplikat dari jenis virus ini berjumlah sangat banyak akan menciptakan sumber daya komputer (Hard disk) menjadi penuh akan worm itu dan menjadikan kinerja komputer menjadi sangat berat dan lambat, nah kalau anda mengalami keluhan kinerja komputer anda menjadi melambat, berat atau lemot maka kemungkinan komputer anda terjangkit jenis virus ini.

Trojan
Trojan umumnya dibentuk oleh pembuat virus itu sendiri untuk mengambil laba dari komputer kita. Umumnya virus jenis ini akan mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri sehingga virus jenis ini bersifat transporter atau pembawa.
   
Backdoor
Nah virus ini biasanya jarang sanggup dideteksi alasannya virus jenis ini mempunyai tipe yang tersembunyi dan jarang dikenalai. Hampir sama dengan trojan. Namun, Backdoor bisanya mirip file yang baik-baik saja. Misalnya exe pada game atau software tertentu.
   
Spyware
Virus yang paling umum dipakai untuk menyadap suatu komputer. Virus ini akan memantau komputer yang terinfeksi.
   
Rogue
Rogue merupakan virus yang kini ini paling umum menyerang komputer. Rogue merupakan jadwal yang meniru jadwal antivirus dan menampilkan acara layaknya antivirus normal, dan memperlihatkan peringatan-peringatan palsu ihwal adanya virus mirip layaknya antivirus yang umum digunakan. Untuk itu disarankan anda memakai antivirus terbaik dan terpercaya dengan dapat dipercaya terbukti.

Tujuannya yakni supaya pengguna komputer atau user membeli dan mengaktivasi jadwal antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Juga rogue sanggup membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus lain.
   
Rootkit
Virus yang bekerja mirip kerja sistem komputer yang biasa saja. sehingga biasanya jenis virus ini tidak gampang untuk dideteksi.
   
Polymorphic virus
Jenis virus ini sering berubah dalam bentuk file, exe atau folder kosong. Virus yang gemar beubah-ubah supaya tidak sanggup terdeteksi.
   
Metamorphic virus
Virus yang mengubah pengkodeannya sendiri supaya lebih sulit dideteksi.
   
Virus ponsel
Virus yang berjalan di telepon seluler, dan sanggup menimbulkan aneka macam macam efek, mulai dari merusak telepon seluler, mencuri data-data di dalam telepon seluler, hingga menciptakan panggilan-panggilan rahasia dan menghabiskan pulsa pengguna telepon seluler.

Serangan virus sanggup dicegah atau ditanggulangi dengan memakai antivirus adapun cara mencegahnya masuk dalam komputer anda. Jenis perangkat lunak ini sanggup juga mendeteksi dan menghapus virus komputer. Virus komputer ini sanggup dihapus dengan basis data (database/ Signature-based detection), heuristik, atau peringkat dari jadwal itu sendiri (Quantum).

Referensi : wikipedia.org