5 Cara Mudah Merawat Kesehatan Vagina yang Bisa Anda Terapkan


5 Cara Mudah Merawat Kesehatan Vagina yang Bisa Anda Terapkan


Merawat organ intim atau alat reproduksi merupakan kewajiban bagi semua orang, baik itu pria dan juga wanita, karena nantinya hal ini akan sangat berhubungan dengan kesuburan. Bagi kaum hawa sendiri perawatan vagina (link ke ) ini sebenarnya adalah hal yang gampang-gampang susah untuk dilakukan, apalagi pada dasarnya sifat dari organ kewanitaan ini yang tergolong asam, sehingga dapat mengundang banyak sekali bakteri untuk berkembang biak disana. Tak jarang hal ini memicu berbagai macam masalah kesehatan.

Apalagi untuk mereka yang masih awam dalam perawatannya, maka sering kali langkah pembersihan justru memperparah kondisinya. Membuat organ kewanitaan tersebut justru mengalami infeksi yang semakin parah atau bahkan juga iritasi. Sebenarnya gangguan apapun yang terjadi pada organ kewanitaan ini adalah hal yang normal terjadi, namun tetap harus dilakukan pengobatan agar nantinya kondisinya juga sehat kembali.

Sebenarnya langkah yang cukup mudah untuk merawat kesehatan organ kewanitaan, berikut ini diantaranya beberapa upaya yang dapat Anda terapkan, yaitu:

  1. Cucilah organ kewanitaan dengan benar, mencuci area kewanitaan ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Justru dengan pemakaian berbagai macam produk sabun pembersih organ intim yang mengandung berbagai macam zat pewangi dan antiseptik berbahaya dan dapat memicu iritasi, karena kondisi pH yang tidak seimbang. Sehingga lebih aman mencuci vagina adalah dengan menggunakan sabun biasa polos yang tidak mengeluarkan aroma apapun. Karena pada dasarnya organ intim tersebut akan mengeluarkan cairan alami yang berfungsi membersihkan dirinya sendiri.
  2. Pakailah celana dalam berbahan katun, pemilihan bahan celana dalam ini agaknya juga jadi hal yang sangat penting dilakukan, karena bahan yang satu ini selain nyaman digunakan sebenarnya juga dapat menyerap kelembapan area tersebut, sehingga memungkinkan kulit di area organ intim dapat bernapas secara lebih leluasa.
  3. Periksakan diri ke dokter spesialis ginekologi sebagai upaya pencegahan, hal yang sangat penting sebenarnya untuk dilakukan, namun sering kali disepelekan, yaitu dengan rutin memeriksakan diri ke ginekologi, ini adalah sebuah upaya untuk menjaga organ kewanitaan tersebut agar tetap sehat dan juga mengurangi terjadinya resiko penularan penyakit menular seksual. Hal ini sudah harus rutin dilakukan sejak usia 21 tahun. Dokter spesialis ginekologi ini juga dapat mendeteksi kemungkinan Anda terserang penyakit kanker serviks.
  4. Lumasi area intim tersebut, bagi wanita yang sedang menjalankan program KB atau setelah memasuki usia menopouse maka sering kali hubungan suami istri menyebabkan lecet, hal ini dikarenakan area tersebut kering atau tidak mengeluarkan pelumas secara normal, sehingga saat berhubungan intim agaknya melumasi dengan memakai minyak alami.
  5. Hati-hati saat bersepeda, untuk wanita yang memiliki hobby bersepeda, maka hal ini kerap kali juga menganggu, karena dapat menyebabkan resiko mati rasa pada organ genital tersebut, rasa sakit bahkan juga kesemutan. Untuk itu ketika Anda hobby atau suka bersepeda hendaknya pakailah celana dalam yang nyaman, pastikan juga untuk membatasi durasinya, karena bisa menjadi pemicu masalah organ kewanitaan.

Mudah bukan, terapkan sendiri 5 langkah menjaga kesehatan vagina tersebut. Karena bagaimanapun organ atau bagian tubuh yang satu ini memiliki peran yang sangat penting untuk masa depan. Bahkan juga berhubungan dengan perolehan keturunan nantinya. Satu hal lagi yang hendaknya diketahui bahwa menjaga kesehatan organ intim tersebut harus dilakukan sejak masih muda, sampai dengan usia tua.