Cara Penggunaan Beton Instan dan Keuntungan Pemakaiannya



Cara Penggunaan Beton Instan dan Keuntungan Pemakaiannya

Untuk semakin menghemat waktu dalam proses pembangunan, maka penggunaan beton instan mix pun semakin meningkat. Berbeda dengan beton konvensional yang tiap bahannya dicampur manual, beton instan bisa langsung digunakan, karena sudah terdiri dari pasir, batu, dan semen. Cara penggunaan beton instan ini pun cukup praktis, seperti yang akan dipaparkan berikut ini. 

Langkah Mudah untuk Menggunakan Beton Instan

Sebelum Anda melakukan pengadukan beton instan, bersihkan dulu semua permukaan yang akan dicor. Dengan begini, permukaan yang akan dicor jadi bebas dari debu, kotoran, dan minyak, sehingga beton pun bisa melekat dengan sempurna. Selanjutnya, masukkan beton instan dan aduk agregat kasar, yang terdiri dari batu dan pasir, dalam mixer atau molen minimal selama 2 menit.
Setelah bahan sebelumnya tercampur rata, masukkan agregat halus berupa semen ke dalam mixer. Aduk kembali campuran bahannya ini, agar semen bisa tercampur rata dengan bahan sebelumnya. Setelah tercampur sempurna, masukkan air bersih dengan takaran maksimal 5 liter untuk setiap sak beton, lalu biarkan diaduk minimal selama 5 menit. Beton pun akhirnya siap untuk digunakan.

Keuntungan Menggunakan Beton Instan dalam Pembangunan Bangunan

Cara penggunaan beton instan yang jauh lebih praktis jika dibandingkan dengan beton konvensional, merupakan salah satu alasan mengapa bahan ini banyak digunakan. Tak hanya itu, pekerja bangunan pun jadi tak perlu lagi kesusahan mencampur sendiri bahan yang digunakan untuk membuat beton. Singkat kata, berikut ini adalah ragam keunggulan yang ditawarkan beton instan.
1.   Dibuat dari Bahan Dasar yang Berkualitas Tinggi
Walau merupakan produk instan, namun jangan meragukan kualitas dari beton instan. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat beton instan ini dipilih hanya hanya berkualitas saja. Baik itu batu, semen, serta pasirnya dipastikan bisa bertahan lama. Jadi, walaupun Anda menggunakan beton instan ini dalam pembangunan rumah atau bangunan lain, dipastikan akan aman sepenuhnya.
2.    Bisa Digunakan untuk Membangun Beragam Jenis Bangunan
Beton instan bisa Anda manfaatkan untuk membangun beragam jenis bangunan. Anda bisa membuat lantai, kolam, teras, garasi, atau apa pun itu jenis bangunannya dengan beton ini. Jadi, jika sekiranya beton instan yang Anda gunakan berlebih, sisanya masih bisa Anda simpan untuk dipakai di pembangunan apa pun. Dengan begini, Anda pun jadi bisa lebih hemat pengeluaran.
3.   Harga Beton Instan yang Lebih Murah
Beton instan bisa jadi alternatif untuk berhemat dalam pembangunan berskala besar. Pengeluaran untuk beton instan jauh lebih hemat dalam proses pembangunan skala besar, jika dibandingkan dengan penggunaan beton konvensional. Jika Anda menggunakan beton konvensional, tentu penggunaan bahan baku pembuatannya juga akan semakin banyak, sehingga biayanya pun makin mahal.
4.   Hemat Waktu karena Proses Pengecoran Bisa Berjalan Lebih Cepat
Penggunaan beton instan dapat mempersingkat proses pembangunan, karena proses pengecoran yang bisa berjalan lebih singkat. Jika menggunakan beton konvensional, tentu dibutuhkan waktu yang lebih lama, karena bahan-bahan dasar betonnya perlu dicampur terlebih dahulu. Sedangkan untuk beton instan, semua bahannya seperti semen, batu, dan pasir sudah otomatis tercampur sebelumnya.
Itulah tadi ulasan mengenai cara penggunaan beton instan, beserta keunggulannya. Penggunaan beton instan terutama sekali sangat praktis dan bisa mempercepat proses pembangunan. Beton instan ini pun juga bisa dimanfaatkan untuk pembangunan dari beragam jenis bangunan. Anda pun tak perlu diragukan kualitasnya, karena beton instan yang asli sudah dipastikan akan bisa bertahan lama.