4 Kriteria Utama Platform E-Commerce Menurut UMKM Anggota KADIN

KADIN (Kamar Dagang dan Industri) Indonesia adalah organisasi yang mewadahi seluruh pelaku usaha di Indonesia. Baik usaha mikro, kecil, menengah dan besar telah menjadi anggota dari organisasi ini. Saat ini, salah satu fokus KADIN adalah mengembangkan sistem pemasaran online atau e-commerce bagi UMKM.
Kamu pengembang platform ecommerce untuk UMKM? Perhatikan 4 kriteria ini agar platform kamu semakin banyak digunakan oleh UMKM.
Berbagai macam platform e-commerce telah dikembangkan dan beredar di pasaran. Tetapi masih sedikit UMKM yang mengadopsinya. Jika kamu berniat atau sedang mengembangkan platform e-commerce untuk UMKM, perhatikan 4 karakter kunci yang harus dimiliki oleh platform yang kamu kembangkan. 4 karakter ini diperoleh dari penelitian yang dilakukan pada UMKM yang terdaftar di Kadin Kota Malang.

Perceived Ease of Use

Ini adalah kunci utama agar UMKM mau mengadopsi platform e-commerce yang kamu kembangkan. Perceived Ease of Use adalah berkaitan dengan seberapa mudah penggunaan platform yang kamu kembangkan.
Pelaku UMKM kebanyakan memiliki tenaga kerja yang sedikit. Sehingga mereka tidak jarang menangani secara langsung produksi dan operasional usaha. UMKM tidak akan menggunakan platform kamu jika platform itu sulit digunakan.
Berdasarkan penelitian pada 111 UMKM KADIN Kota Malang, kesulitan dalam menggunakan platform adalah hambatan utama mereka dalam menerapkan e-commerce. Jadi, jika ingin diterima, fokuslah pada kemudahan penggunaan platform.

Usefulness

Usefulness atau kemanfaatan adalah faktor yang sering disalah artikan oleh pengembang platform e-commerce. Mereka menganggap fitur platform yang mereka kembangkan akan memberikan manfaat yang besar bagi UMKM. Kesalahan utama dari cara berpikir ini adalah tidak selalu yang kamu anggap bermanfaat juga dianggap bermanfaat oleh pemilik UMKM.
Jadi kuncinya adalah mengetahui dengan pasti apa yang menjadi masalah dan kebutuhan UMKM. Biasanya UMKM hanya butuh platform yang bisa menghandle seluruh akun media sosialnya dengan lebih ringkas.
Maka, jangan berikan platform yang bertujuan untuk meningkatkan jangkauan pemasaran hingga ke luar negeri. Karena untuk saat ini, fitur tersebut mungkin belum dibutuhkan oleh UMKM.


Security

Keamanan transaksi adalah faktor utama yang menjadi pertimbangan UMKM dalam mengadopsi e-commerce. Tantangan utama kamu sebagai pengembang platform e-commerce adalah bagaimana membuat UMKM mampu merasakan keamanan dari platform yang kamu buat.
Tentu saja kamu menempatkan keamanan sebagai dasar utama pengembangan platform. Tetapi, jika tidak dibarengi dengan penyampaian yang tepat, maka UMKM tidak akan memahami keunggulan platform kamu.
Jadi, ada dua tahap dalam merancang keamanan platform. Pertama, memastikan secara teknis bahwa platform kamu memiliki sistem keamanan yang terbaik. Kedua, siapkan metode dan media penyampaian yang efektif agar UMKM bisa merasa bahwa platform kamu benar-benar aman.

Affordable Price

Harga adalah faktor terpenting dan terakhir yang menjadi pertimbangan konsumen. Tidak peduli sebaik apapun kamu memenuhi 3 kriteria sebelumnya, jika kamu menetapkan harga yang terlalu tinggi menurut pelaku UMKM, mereka tidak akan membeli.
Jadi, sebagai pengembang, kamu juga harus mampu menentukan berapa harga yang tepat untuk platform kamu. Karena UMKM merupakan usaha dengan modal yang terbatas dan sangat sensitif dengan biaya.
Salah satu strategi yang bisa kamu lakukan adalah memberikan versi gratis untuk platform kamu. Tetapi pastikan bahwa versi gratis ini sudah memiliki fitur dasar yang sudah bisa digunakan secara penuh dan memiliki manfaat bagi UMKM. Pelaku UMKM akan dengan mudah melakukan upgrade jika mereka merasa mendapatkan manfaat dari versi gratis yang kamu berikan.
Itu dia 4 kriteria platform yang diinginkan oleh UMKM. Kriteria tersebut dihasilkan dari penelitian terhadap 111 UMKM yang terdaftar di KADIN Kota Malang. Pastikan 4 kriteria ini ada dalam platform yang kamu gunakan. Dijamin, tingkat penggunaan platform mu akan meningkat.